Kapan Wisuda ???

08.57 Unknown 0 Comments

Tadi siang saya berjumpa dengan salah seorang dosen yang begitu menginspirasi hidup saya. Seorang dosen yang dalam semua kegiatan yang beliau lakukan di dasari oleh ketulusan hati seorang yang benar-benar ingin mengimplementasi semua ilmunya bagi ilmu pengetahuan. Banyak hal positif yang saya dapat ketika ngobrol dengan beliau. Salah satunya tentang kehidupan setelah lulus kuliah nanti. Beliau mengatakan “jangan berfikir kapan anda akan lulus, tapi cobalah berfikir mau ngapain anda setelah lulus nanti”. Karena menurut beliau hari ini banyak mahasiswa yang menganggur dikarenakan bukan bodoh ataupun malas, tetapi disebabkan tidak ada rencana yang akan dilakukan setelah lulus nanti. Saat sekarang ini banyak mahasiswa yang tidak pantas lulus, dikarena desakan waktu dan trend lulus dikalangan teman-temannya, maka mahasiswa itu pun diluluskan. Dan hasilnya, mahasiswa tersebut tidak tahu mau berbuat apa setelah lulus, dan jadilah dia pengangguran di negeri ini. Pengangguran yang membuat negri ini tambah rusak dan membuat image “ngapain kuliah, toh nantinya nganggur juga”.
Mendengar paparan dari dosen tersebut membuat saya selaku mahasiswa tahun akhir memikir kembali untuk menyelesaikan studi saya. Masih banyak ilmu yang belum saya dapat, masih banyak hal yang belum saya mengerti, masih banyak pelajaran yang belum saya pahami dan belum jelas apa yang saya akan lakukan setelah lulus nanti menjadi penyebabnya. Memang banyak mahasiswa yang berhasil setelah dia lulus kuliah, tapi apakah saya juga akan berhasil seperti mereka ??? hal ini yang menjadi renungan bagi diri saya pribadi. Tetapi sang dosen memberikan solusi yang luar biasa dan bijaksana, beliau mengatakan siap-siaplah berjuang selama masa kuliah ini, lakukan apa saja yang bermanfaat dan jangan lupa berdoa pada Allah agar apa yng kita usahakan dapat berkah. Tulis rencana masa depanmu dari sekarang rancang kehidupanmu kedepan dan berjuanglah. Karena tak ada yang sia-sia ketika kita bersungguh-sungguh dalam melakukan hal yang bermanfaat. So, wisuda itu bisa kapan saja, tetapi kapan kita bisa melakukan yang terbaik dalam hidup kita itu yang menjadi pokoknya.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi saya dan para pembaca, khususnya mahasiswa tahun akhir.

0 komentar: